Pages

Jumat, 05 Agustus 2011

SMAN 2 Mejayan Gelar Pondok Ramadan

MADIUN – Bulan ramadan dimaknai betul oleh SMAN 2 Mejayan. Karena itu, sekolah ini sengaja mengemas pondok ramadan dengan berbagai kegiatan bernuansa religius dan mengasah kepekaan sosial. Mulai dari buka bersama, zakat, seminar keagamaan, Nuzulul Quran, hingga Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa).

Selain itu, pemberian takjil gratis kepada kaum dhuafa secara spontanitas juga menjadi ciri khas SMAN 2 Mejayan dalam menyambut ramadan. ‘’Puasa Ramadan merupakan bentuk pelatihan rohani yang apabila dijalani dengan niat suci akan dapat mengantarkan manusia pada tingkat derajat muttaqin,’’ terang Slamet Riyadi, penanggung jawab Pondok Ramadan SMAN 2 Mejayan, kemarin (4/8).

Pondok Ramadan SMAN 2 Mejayan digelar selama 6 hari (4-10 Agustus 2011). Antusiasme tinggi ditunjukkan siswa. Pun, saat sesi tanya jawab digelar pada seminar membahas syariat Islam yang dilangsungkan di aula sekolah. ‘’Pembimbing acara ini saya dibantu Pak Darmani serta Bu Ninik. Dan, mendapat dukungan penuh kepala sekolah Pak Tedjo Sasono maupun orang tua murid,’’ ungkapnya.

Menurut dia, pondok ramadan sangat relevan dilaksanakan di zaman modern ini untuk membentuk akhlak siswa yang bermoral dan menumbuhkan kesadaran menjalankan syariat Islam. 

Pondok Ramadan SMAN 2 Mejayan mendapat pengawasan dari Kementerian Agama. Diharapkan kegiatan ini bukan sekadar rutinitas, melainkan bisa membekas dalam diri siswa. ‘’Kami berharap dinas pendidikan kabupaten mengadakan seperti manajemen pesantren atau formulasi kegiatan pondok ramadan ini agar semua sekolah serentak menjalankannya,’’ ujarnya. (yos/bar)

1 komentar:

 
Exmud Online © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum