Pages

Selasa, 17 April 2012

SMPN 2 Saradan Kabupaten Madiun

Lingkungan Asri, Siswa Pun Enjoy
SIAPA sih yang nggak pengen belajar di sekolah dengan nyaman? Nah, SMPN 2 Saradan Kabupaten Madiun punya cara jitu agar siswa-siswinya betah menuntut ilmu di sekolah.
Yakni, mengelola lingkungan hingga terlihat asri dan sejuk.
Makanya, di area SMPN 2 Saradan banyak pepohonan yang rindang dan udaranya segar. Tak ketinggalan taman dengan berbagai bunga yang indah. ‘’Kalau sekolahnya asri, belajar pun nyaman,’’ kata Bu Lestari, guru PLH di SMPN 2 Saradan.
Tak hanya siswa-siswinya yang nyaman, guru-guru di sekolah itu pun selalu semangat, biarpun rumahnya jauh dari SMPN 2 Saradan. Mereka juga rajin merawat dan memberi pupuk pada tanaman yang ada di lingkungan sekolah.
Pada pelajaran PLH sendiri memang ditanamkan kepedulian terhadap lingkungan. Pokoknya, punya rasa memiliki dan peduli alam sekitar. ‘’Jadi enjoy di sekolah. Selain belajar, bisa refreshing,’’ ujar Anita, siswi kelas VIII. (*)

Dikenal dengan Sekolah TGP
SMPN 2 Saradan bukanlah sekolah baru. Sekolah ini dibangun oleh para penjuang kemerdekaan RI. Dulunya Merupakan sekolah para tentara dan diberi nama Sekolah Tentara Genie Pelajar (TGP). Makanya, SMPN 2 Saradan sampai sekarang dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan sekolah TGP. Walaupun, sejak tahun 1981 disyahkan menjadi SMPN Saradan.
Ceritanya, pada tahun 1947 terjadi pertempuran hebat melawan Belanda yang dinamakan perang saut-sautan. Saat itu salah satu tokoh bernama Bagio Suparno gugur. Nama Pak Bagio Suparno ini akhirnya menjadi nama jalan di depan SMPN 2 Saradan.
Sampai sekarang, sisa-sisa bangunan sekolah TGP masih terlihat di SMPN 2 Saradan. Gedung peninggalan para tentara itu masih dipakai untuk belajar karena bangunan masih luas. Sementara, di depan pintu joglo ada sebuah monumen yang menggambarkan kegigihan para pejuang.
Tugu itu tetap dikawat agar generasi sekarang tetap bisa mengenang jasa-jasa para pejuang TGP yang telah tiada. (*)

Beri Tugas Siswa lewat e-mail
LOKASI boleh ndeso, tapi SMPN 2 Saradan Kabupaten Madiun nggak mau kalah dengan sekolah di kota. Tak terkecuali soal pembelajaran dengan IT. Selain praktis, proses belajar mengajar dengan IT bikin siswa melek teknologi.
Bagaimana tidak. Soalnya, bapak dan ibu bu guru sering memberi tugas pada anak-anak lewat e-mail. Siswa pun harus punya e-mail. Sedangkan guru yang sudah mendapat TPP wajib memiliki laptop. ‘’Belajar dengan tekonologi canggih akan membuat kita lebih tahu tentang dunia luar, tetapi kita harus waspada terhadap pengaruh alat moderin itu,’’ pesan Pak Sunarto, kepala sekolah.
Apa yang diungkapkan Pak Sunarto bukan tanpa alasan. Maklum, teknologi informasi memang memberikan banyak kemudahan. Tapi di sisi lain, ada juga dampak negatifnya. ‘’Kita dalam menggunakan teknologi informatika harus benar-benar tahu mana yang harus kita gunakan dan mana yang tidak boleh kita gunakan,’’ tuturnya.
Pembelajaran dengan IT di SMP N 2 Saradan sudah dimulai sejak 2005. Jangan heran kalau di ruang media banyak komputer. Sedikitnya ada 25 komputer dan 5 laptop di ruangan itu. Peralatan itu sebagian dari pemerintah dan sebagian lagi dari komite. ‘’Kerjasama yang baik antara komite dan sekolah menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi anak-anak didik kami,’’ ujarnya. (*)

Ada Kriya Kayu, Ada Tari
KETERAMPILAN seni kriya kayu selama ini biasanya hanya dikuasai orang dewasa. Siapa sangka, anak-anak SMPN 2 Saradan Kabupaten Madiun juga piawai di bidang seni ukir dan pahat.
Bahkan, kemampuan itu bisa menghasilkan uang. Tak hanya itu, ada siswa yang pernah meraih juara 1 tingkat kabupaten dalam pembuatan cermin hias.
Kriya kayu di SMPN 2 Saradan dibimbing Pak Budi Cahyono, guru seni. Seni ini dijadikan kegiatan ekskul di sekolah tersebut. Yang menarik, bahan bakunya didapatkan dari limbah. Di tangan, siswa SMPN 2 Saradan, barang yang sebelumnya dipandang sebelah mata itu mampu disulap menjadi berbagai kerajinan menarik. Salah satunya becak yang dibuat dari limbah kayu.
‘’Bahannya mudah untuk didapat karena sekolah kami dekat dengan perusahaan kayu,’’ kata Pak Budi.
Selain seni kriya, SMPN 2 Saradan juga punya ekskul tari yang dibimbing Bu Theresia Charnawati. Peserta ekskul ini sudah sering ikut lomba di tingkat kabupaten. ‘’Kegiatan ekskul ini dilakukan seminggu dua kali yaitu hari Selasa dan Kamis,’’ terang Bu There- panggilan akrab Bu Theresia Charnawati. (*)

Sulap Bungkus Snack jadi Baju
BAGI sebagian orang, sampah adalah barang tak berguna. Tapi di tangan siswa SMPN 2 Saradan Kabupaten Madiun, sampah mampu disulap menjadi berbagai kerajinan yang punya nilai tambah. Bekas bungkus snack atau permen, misalnya, bisa diolah menjadi baju yang unik. ‘’Pembuatannya ya butuh kesabaran dan ketelatenan,’’ kata Bu Sri Sunarti, guru keterampilan. Rencananya, pada peringatan Hari Kartini nanti, SMPN 2 Saradan akan memamerkan hasil karya keterampilan daur ulang sampah. ‘’Nanti ada fashion show-nya,’’ ujar Bu Narti. (*)

Jawara Kompetisi se-Kabupaten
SALAH satu olahraga yang sekarang lagi booming adalah futsal. Permainan sepak bola mini ini juga sangat digemari siswa SMPN 2 Saradan Kabupaten Madiun.



Biarpun tempatnya jauh dari kota, prestasi tim futsal SMPN 2 Saradan cukup membanggakan.
Buktinya, tim sekolah ini pernah menjuarai kompetisi tingkat Kabupaten Madiun. ‘’Kita bangga dengan sekolah kita karena walaupun jauh dari keramaian tetapi ramai dalam kegiatan,’’ kata Pak Singgih Pambudi, guru olah raga SMPN 2 Saradan.
Pak Singgih bersama Pak Agus Suhandoko selalu gigih dan sabar membimbing tim futsal SMPN 2 Saradan hingga bisa menggondol juara. Siswa-siswa yang ikut ekstra futsal juga sangat antusias berlatih. Apalagi, sarana dan prasarana di sekolah sangat memadai. ‘’Pelatihnya selalu semangat 45,’’ kata Triono, salah satu siswa. (*)

4 komentar:

  1. Nama Bagio Saparno adalah nama 2 orang.

    BalasHapus
  2. numpang lapak,.bagi yg berminat usaha sampingan,."Servis LAMPU"jenis lampu yg layak diperbaiki= merek philip, visicom,panasonic,ho­ri,sinar,osram dll( harga kaca hub sj) bagi yg pengin belajar menjadi ahli servis lampu kami siap membantu,.kami juga jual part/mesin lampu, alat2 servis, kaca lampu,.hub,.rahmat 082.141.571.948perumnas kaligunting/­kolam renang blok f23, desa kaligunting, mejayan, caruban,kab.madiun,jatimkami juga terima servis,.mesin cuci,kulkas,kipas,ko­mpor,mejiccom,dispen­ser,setrika,timbanga­n digital dll

    BalasHapus
  3. Th 1981 masih ikut SMP 1 caruban kelas jauh /SMP jauh

    BalasHapus

 
Exmud Online © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum