Pages

Selasa, 10 April 2012

MIN Ngronggi Ngawi

Raih Akreditasi A, Jadikan Motivasi
TIADA prestasi yang datang dengan sendiri. Semua dicapai dengan kerja keras, disiplin, dan perencanaan matang. Filosofi itu pula yang diusung MIN Ngronggi Ngawi, terutama menghadapi momen penilaian madrasah dalam kegiatan akreditasi.
‘’Kami memang telah bertekad untuk bekerja keras bersama agar mencapai hasil maksimal dalam akreditasi madrasah,’’ ujar Kepala MIN Ngronggi Pak Sutiyono.
Keinginan tersebut dibuktikan dalam keseharian pelayanan pendidikan di madrasah yang berlokasi di Jalan Harjono Dusun Ngronggi, Desa Grudo, Kecamatan Ngawi, ini. Kegiatan belajar-mengajar selalu dimulai pukul 06.45 tepat. Diawali doa bersama yang dipandu langsung oleh seorang siswa di ruang pusat informasi dan dilanjutkan dengan tadarrus bersama seluruh murid, mulai dari kelas I hingga VI.
Di dalam kelas, para guru dengan setia menemani dan ikut mengaji bersama siswa yang lain. ‘’Kondisi ini telah berjalan secara kontinyu, karena semua komponen madrasah telah berperan aktif dalam mematuhi tugas dan kewajiban masing-masing,’’ urainya.
Menurut Pak Setyono, kedisiplinan merupakan modal penting dalam memberikan pelayanan dan memajukan pendidikan. Hal itu salah satunya diwujudkan dengan penerapan absensi kehadiran guru dan karyawan yang menggunakan sidik jari atau finger print. ‘’Hanya dengan modal kedisiplinan, sebuah prestasi dapat kita raih,’’ ujarnya.
Kerja keras yang penuh kedisiplinan tersebut berbuah manis. Berkat kelengkapan standar pendidikan dan dedikasi tinggi para guru, akreditasi A pun diraih MIN Ngronggi. ‘’Lega rasanya, karena usaha kami selama ini dapat membuahkan hasil. Akreditasi ini menunjukkan bahwa pelayanan madrasah ini sudah sesuai standar yang ditentukan pemerintah,’’ tuturnya.
Meski begitu, kata Pak Setyono, akreditasi bukanlah tujuan akhir dari usaha pengembangan madrasah ke depan. Justru hal itu merupakan motivasi awal mencapai cita-cita peningkatkan mutu dan kualitas MIN Ngronggi. ‘’Tetapi bukan berarti hasil akreditasi tersebut tidak memberikan dampak kepada masyarakat lho!” kata ketua MKKM MI Kabupaten Ngawi ini.
“Karena sejak kami terakreditasi A, jumlah siswa baru bertambah satu kelas. Kalau biasanya pendaftar siswa baru hanya dua kelas, kini menjadi tiga kelas. Kenaikan peminat sebanyak 50 persen, ini bukti nyata,’’ imbuh pria yang hobi main futsal ini.
Agar kualitas dan mutu pendidikan di madrasah yang kini memiliki 317 peserta didik ini semakin meningkat, beberapa inovasi mulai direncanakan. Antara lain, penggunaan IT dalam administrasi siswa dan guru. (tio)

Penyaluran Zakat, Outbond, hingga Nonton Bareng
KELANCARAN dan kesuksesan sebuah kegiatan tidak terlepas dari perencanaan dan persiapan yang matang. Hal itu disadari betul oleh MIN Ngronggi Ngawi. Karena itu, madrasah ini membentuk tim kreatif yang terdiri dari guru dan karyawan.
Merekalah motor penggerak setiap kegiatan eksebisi intra maupun ekstra kurikuler yang ada di MIN Ngronggi, selain pembina ekskul tentunya. Tim ini beranggotakan lima orang, yakni Pak Mispan, Pak Munir, Pak Yuda, Pak Pri, dan Pak Koko. ‘’Dengan kegiatan ini, tali persaudaraan antara guru dan murid benar-benar terasa seperti keluarga,’’ terang Pak Yuda, koordinator Tim Kreatif MIN Ngronggi.
Tim kreatif juga sangat berperan dalam mengenalkan MIN Ngronggi ke masyarakat. Tim ini sudah mengemas berbagai kegiatan seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra’ Mi’raj, dan penyaluran zakat fitrah kepada masyarakat sekitar madrasah. Juga kegiatan non keagamaan, mulai outbond, studi wisata ke Lanud Iswahyudi, sampai nonton bareng film Laskar Pelangi saat libur sekolah dan final sepakbola SEA Games.
Usaha lain dalam memperkenalkan MIN Ngronggi adalah melalui media online. Masyarakat dapat mengenal madrasah ini lewat blog www.min-ngronggi.blogspot.com. Ada pula fanspage di jejaring sosial Facebook sebagai wadah silaturrahmi para alumni.
Pemanfaatan media online ini adanya fasilitas hotspot wifi untuk akses internet cuma-cuma. “Penyediaan akses internet ini diharapkan dapat menjadi alat penunjang pendidikan dan media informasi bagi warga madrasah,” kata Pak Sutiyono, kepala MIN Ngronggi. ‘’Ke depan, pemanfaatan akses internet akan dioptimalkan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat,’’ imbuhnya. (sam)

Wajib Ngaji di Pagi Hari

Atmosfer Religi Selalu
Warnai MIN Ngronggi
NUANSA religi sangat terasa manakala kaki menginjakkan pelataran MIN Ngronggi Ngawi. Terlebih saat waktu menunjukkan tepat pukul 06.45. Seluruh siswa khusyu berdoa, dilanjutkan membaca kalam Ilahi yang dipandu seorang siswi.
Pembacaan Juz ‘Amma dilanjutkan beberapa ayat Al Quran sudah menjadi rutinitas di madrasah yang dikepalai Pak Sutiyono ini. Pihak madrasah sengaja menjadikan program ngaji di pagi hari sebagai pembentuk pribadi siswa yang agamis.
“Kepribadian seseorang perlu dibentuk sedini mungkin. Karena itu, di madrasah ini setiap siswa diharuskan mengaji setiap hari agar siswa mengenal dan menghayati Al Quran serta mengamalkannya,” terang pria asli Tulungagung ini.
Yang khas lainnya di MIN Ngronggi adalah setiap guru perempuan wajib mengenakan jilbab dan blus panjang. Demikian juga dengan para murid. Seluruh siswi mengenakan rok panjang. Sedangkan siswa wajib memakai celana panjang.
Atmosfer religi juga terasa manakala bel berbunyi tanda berakhirnya jam pelajaran keempat pada pukul 09.20. Semua siswa beserta guru ramai-ramai ke masjid untuk menunaikan salat dhuha berjamaah. Juga ketika istirahat kedua, waktunya salat zuhur. ‘’Salat dhuha dan zuhur sengaja dilaksanakan secara berjamaah untuk memberikan pembelajaran nyata tentang salat pada peserta didik,’’ jelas Bu Uswatun Muzayanah, koordinator bidang kurikulum.
Sejumlah kegiatan keagamaan seperti pembinaan tilawatil Quran, qiroah pagi, tadarus bareng, buka puasa bersama, penyaluran zakat fitrah, dan takbir keliling semakin mengukuhkan identitas madrasah ini sebagai lembaga pendidikan formal yang penuh nafas keagamaan.
Serangkaian kegiatan tersebut membuat MIN Ngronggi semakin dikenal. Apalagi, madrasah ini langganan juara lomba takbir keliling yang diadakan Pemkab Ngawi setiap Idul Fitri maupun Idul Adha di Alun-alun Merdeka.
‘’Kami sangat bersyukur, madrasah ini dapat memberikan pendidikan agama secara menyeluruh kepada siswa selain pendidikan umum tentunya. Ini menjadi nilai lebih bagi kami. Kami sadar betul bahwa pendidikan spiritual menjadi pondasi penting dalam kehidupan anak-anak,’’ urai Pak Mispan, koordinator bidang kesiswaan. (sam)

TALENTA SISWA PUN BERKEMBANG
KECERDASAN berpikir belum lengkap tanpa adanya keterampilan hidup. Kenyataan itulah yang coba ditangkap pelaku pendidikan di MIN Ngronggi Ngawi. Siswa yang belajar di madrasah ini dibekali skill sesuai minat dan bakatnya.
Berbagai kegiatan ekstrakurikuler pun disuguhkan untuk mewadahi dan mengembangkan talenta siswa. ‘’Semakin terampil seorang siswa, semakin siap menghadapi tantangan hidup ke depan,’’ kata Pak Mispan, koordinator bidang kesiswaan.
Ekskul di MIN Ngronggi cukup beragam. Di antaranya, pramuka, drumband, seni hadrah, nasyid, lukis, tilawatil Quran, futsal, dan catur. Berbagai prestasi pun didapat. Pada Porseni tingkat MI se-Kabupaten Ngawi tahun ini, misalnya, MIN Ngronggi memboyong banyak trofi.
Juara I disabet Ahmi Rifqi Hudaya (tilawatil Quran), Zid Sayyid Adam Asy-Syifa’ (lukis), dan Rahmad Panji (catur). Beberapa siswa lainnya menduduki posisi runner up. ‘’Ini merupakan buah kerja keras siswa dan dedikasi para pembina ekstrakurikuler di MIN Ngronggi,’’ tutur Pak Sutiyono, kepala MIN Ngronggi.
Prestasi ekskul pramuka lewat Skorpio dan Kamboja sebagai regu inti Pramuka MIN Ngronggi juga tak kalah mentereng. MIN Ngronggi memenangi jambore kecamatan sebagai regu putri tergiat I dan regu putra tergiat III pada peringatan HUT Pramuka ke-47 tahun 2008 lalu.
Sampai saat ini ekskul pramuka masih menjadi favorit. Tiap liburan semester diadakan persami serta pelantikan penggalang Ramu dan Rakit bagi anggota yang sudah menempuh SKU. ‘’Kegiatan ini sekaligus memupuk persatuan dan melatih kemandirian siswa,’’ Kak Aminuddin, pembina ekstra Pramuka Gudep 01-97/01-98 MIN Ngronggi.
Kak Aminuddin mengatakan, pramuka mampu membentuk pribadi yang disiplin, cekatan, memiliki kepekaan sosial, dan berakhlak mulia. ‘’Sudah tidak dapat dimungkiri, bahwa disiplin memegang peran penting dalam meraih kesuksesan,’’ tuturnya. (sam)

Kecil Posturnya, Gede Talentanya
SEPITAS tak ada yang istimewa pada sosol Ahmi Rifqi Hudaya, Zid Sayyid Adam Asy-Syifa’, dan Panji, dan Rahmad Panji Nur Alim. Namun siapa sangka, mereka bertiga sudah sering mengharumkan nama MIN Ngronggi Ngawi. Berbagai kejuaraan tingkat kecamatan hingga kabupaten berhasil digenggam.
Ahmi moncer di bidang akademik maupun non akademik. Di kelas dia langganan ranking satu. Siswi kelas V yang besok (11/4) genap berusia 11 tahun ini juga rutin masuk tim cerdas cermat tingkat SD/MI. Pada Porseni MI tingkat Kabupaten Ngawi, Ahmi berhasil meraih juara I dan menyabet medali emas. Hasil itu mengantar Ahmi mewakili Kabupaten Ngawi pada Porseni MI tingkat Provinsi Jawa Timur di Jombang.
Selain menekuni seni baca Al Quran, Ahmi juga piawai berpidato dan menjadi vokalis grup hadrah Al Fikri serta grup Nasyib Gita Taliba MIN Ngronggi. ‘’Ahmi ini penuh bakat. Saya bangga dapat melatih dan membimbingnya dalam olah vokal,” ujar Pak Koko Purwono, pembina group nasyid.
Sosok penuh bakat lainnya adalah Syifa’. Siswi imut yang masih duduk di kelas III ini langganan juara lomba lukis tingkat kecamatan dan kabupaten. Terakhir, gadis kecil penyuka warna biru ini meraih juara I Porseni MI tingkat Kabupaten Ngawi.
Satu lagi siswa berbakat dan sering mengharumkan nama MIN Ngronggi, yakni Panji. Melalui keterampilan bermain tenis meja, dia kerap menjuarai lomba tenis meja. Pada Poerseni MI 2011, Panji menyabet medali emas dan berhak maju ke Porseni MI tingkat provinsi. (sam)

2 komentar:

  1. Assalamualaikum... Maaf, bisa minta nomor Handphone/WA Pak Koko Purwono ?

    BalasHapus
  2. Luar biasa Min Ngronggi. Muga makin maju. Anak didiknya terus mengharumka sekolah. Lulusan MIN Ngronggi jadi orang sukses dunia akherat. Berguna bagi keluarga, masyarakat bangsa dan negara.

    BalasHapus

 
Exmud Online © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum