Pages

Selasa, 06 Maret 2012

SMK Kesehatan Green Putra Medika Madiun

Asah Skill, Gandeng RSUD Caruban
TERJUN ke dunia kerja, teori saja nggak cukup. Itu disadari betul oleh SMK Kesehatan Green Putra Medika Madiun. Makanya, selain memberikan porsi praktik di sekolah yang cukup bagi siswanya, institusi kesehatan pun digandeng.
Sekolah kejuruan yang dinahkodai Pak Deny Utomo itu bahkan sudah menjalin kerja sama dengan RSUD Caruban selama 3 tahun untuk praktik kerja lapangan. ‘’Siswa baru pun sudah dipersiapkan untuk terjun langsung,’’ kata Pak Deny.
Ke depan, lanjut Pak Deny, SMK Kesehatan Green Putra Medika akan lebih banyak lagi menjalin kerjasama dengan instansi kesehatan lain untuk mempertajam skill siswa.
Nggak beda dengan sekolah kejuruan lainnya, SMK Kesehatan Green Putra Medika Madiun punya beberapa kompetensi keahlian. Yaitu, bidang keperawatan, farmasi, dan analis kesehatan.
Bidang keperawatan, kata Kepala Program Keahlian Keperawatan Bu Suci Laningtyas, punya prospek menjanjikan di dunia kerja. Itu seiring kebutuhan tenaga perawat yang terus meningkat dari waktu ke waktu.
‘’Di jurusan ini siswa bisa mengetahui bagaimana proses asuhan bagi pasien di rumah sakit. Misalnya terapi pada pasien yang dalam proses penyembuhan karena diagnosanya beda-beda,’’ ungkapnya.
Beda dengan bidang farmasi. Di situ, siswa bergelut dengan racik-meracik obat dan bikin resepnya. ‘’Semua orang yang merasa sakit pasti ingin sembuh dan itu membutuhkan obat. Ilmu meracik obat itu sangat mengasyikkan, walaupun butuh kesabaran dan ketelatenan,’’ tuturnya.
Prospek menjanjikan juga berlaku bagi siswa jurusan analis kesehatan. Mereka punya peluang kerja cukup besar misalnya di laboratorium yang tersebar di berbagai kota. ”Semua bidang itu kami ajarkan dengan lebih banyak parktik, sehingga siswa sudah siap ke depannya,’’ terang Bu Suci.
Menurut Bu Suci, lulusan SMK kesehatan punya peluang besar bekerja di institusi kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, apotek dan sebagainya. ‘’Untuk perawat, kebutuhan di rumah sakit dan puskesmas masih terbuka lebar. Bidang analis kesehatan juga dibvutuhkan laboraturium kesehatan maupun pabrik yang mempunyai bidang analisis kesehatan dampak lingkungan,’’ urainya. (*)

Pramuka hingga Futsal
WALAUPUN terbilang sekolah baru, ekskul SMK Kesehatan Green Putra Medika Madiun cukup lengkap lho. Ada pramuka, PMR, juga futsal. Untuk pramuka, latihannya diadakan setiap Jumat setelah pulang sekolah. ‘’Mulai baris berbaris, semaphore, mendirikan tenda dan sebagainya,’’ ungkap Bu Cici, pembina pramuka.
Kedisiplinan sangat ditekankan dalam kegiatan pramuka. Sanksinya pun tegas buat yang melanggar.”Sanksinya memang tegas. Jika melanggar beberapa kali maka orang tua murid akan kami panggil. Tapi sejauh ini tidak ada yang melanggar karena anak-anak sudah sadar pentingnya disiplin,’’ kata Bu Cici.
Selain mengasah kedisiplinan di sekolah maupun luar sekolah, kegiatan pramuka juga bisa memupuk rasa kebersamaan dan kekompakan di antara siswa.
Pramuka SMK Kesehatan Green Putra Medika sudah sering mengikuti kegiatan. Bahkan, waktu HUT Pramuka ke-50 di Klecorejo 14 Agustus 2011, mereka dapat juara 1 stan bazar terbaik.
‘’Senang banget, karena awalnya nggak menyangka,. Maklum sekolah lain tenda dan stannya bagus-bagus. Kami menjaga stan kami agar tetap bersih dan tertata rapi. Memang cukup melelahkan, tapi hasilnya sangat memuaskan.Inilah manfaat kedisiplinan dalam kegiatan pramuka,’’ ucap Fitria Wulandari, salah satu siswi yang ikut kegiatan itu.”
Selain pramuka, SMK Kesehatan Green Putra Medika punya ekskul futsal. Peserta ekskul ini latihan setiap Senin di sekolah. (*)

Diajari Penyembuhan lewat Hypnoteraphy
HYPNOTERAPHY sekarang makin banyak digunakan dalam proses penyembuhan penyakit seperti migrain, rematik, osteoporosis dan masih banyak lagi.
Tau nggak, hypnoteraphy itu juga bisa untuk menyembuhkan gangguan psikis seperti phobia gelap, jarum suntik, benda tajam, dan sebagainya.
Nah, waktu MOS di SMK Kesehatan Green Putra Medika Madiun, siswa baru diberi pelatihan hypnoteraphy. Pihak sekolah sengaja mendatangkan salah satu ahli hypnoteraphy Pak Imam Fathoni sebagai narasumber. ‘’Anak-anak senang sekali mendapatkan pelajaran baru, hypnoteraphy ini,’’ ucap Bu Desi, wakasek.
Di bawah bimbingan Pak Imam Fathoni, siswa diajari bagaimana caranya mensugesti orang lain untuk menghilangkan phobia-nya. Hypnoterapi ini butuh konsentrasi tinggi lho. Soalnya, harus berkomunikasi dengan pasien secara pelan dan tertata. Selain itu, menuntut kesabaran tersendiri karena karakter pasien berbeda-beda.
Tahap-tahapan hypnoteraphy antara lain typing di titik-titik tertentu tubuh manusia lewat sugesti. Hypnoteraphy ini bisa menghilangkan rasa takut. Misalnya ketakukan waktu mau dioperasi karena melihat jarum suntik, pisau bedah atau alat cabut gigi.
‘’Nah disinilah peran hypnoteraphy. Semua ketakutan itu akan lenyap dan tentunya bisa membuat rileks. Dijamin selanjutnya sembuh dari ketakutannya itu.
Dari pelatihan itu, anak-anak SMK Kesehatan Green Putra Medika sudah pada pintar melakukan penyembuhan lewat hypnoteraphy. Mereka juga sering ke lingkungan luar untuk mempraktikkan sekaligus membantu masyarakat sekitar.
‘’Semakin banyak yang bisa maka semakin banyak membantu orang,’’ tuturnya. ‘’Awalnya mereka datang dengan berbagai macam keluhan penyakit. Setelah kami hypnoteraphy, semua keluhan itu hilang dan mereka sangat berterimakasih,’’ tambahnya. (*)

Humoris sekaligus Tegas
NAMA lengkapnya Pak Deny Utomo. Kepala SMK Kesehatan Green Putra Medika Madiun ini dikenal humoris tapi juga tegas kepada siswa. Bapak satu ini juga punya banyak ide brilian untuk memajukan sekolah.
Salah satunya pembangunan gedung baru. Master plan tersebut akan segera direalisasikan secepatnya, mengingat peminat SMK kesehatan cukup tinggi. ”Kalau punya gedung sendiri rasanya lebih enak dan kreativitas otomatis akan berkembang,’’ kata Pak Deny. Pria yang hobi sepak bola itu selalu mengajarkan kepada siswa pentingnya semangat belajar. Apalagi, lulusan SMK kesehatan sangat dibutuhkan. ‘’Kami optimistis keberadaan SMK kesehatan memberi keuntungan bagi generasi muda dalam membangun daerah’’ tambahnya. (*)

Sabet Juara Favorit se-Jatim
NGGAK sia-sia tim SMK Kesehatan Green Putra Medika Madiun jauh-jauh ke Surabaya mengikuti lomba PMR se-Jatim 12 Februari 2012 lalu. Mereka mampu menyabet juara favorit untuk kategori pertolongan pertama.
Hasil itu pastinya membanggakan banget. Apalagi, ajang tahunan tersebut diikuti sekolah-sekolah favorit se-Jatim. Tapi berkat bimbingan dari Bu Desi Kusumaningtyas, Bu Hidayatun Nikmah, Bu Cici dan Bu Suci Laningtyas, tim SMK Kesehatan Green Putra Medika tetap semangat dan optimistis. ”Kami ingin membuktikan bahwa sekolah kami bisa,’’ kata Bu Desi.
Sebelum mengikuti lomba, lanjut Bu Desi, tim SMK Kesehatan Green Putra Medika intens mengikuti latihan dari PMR Kabupaten Madiun. ‘’Dengan latihan itu skill anak-anak bertambah. Juga tambah percaya diri walaupun harus bertanding dengan sekolah lain se-provinsi,’’ tuturnya.
Lomba PMR itu sendiri berisi materi penyuluhan masyarakat tentang tanaman obat keluarga (toga), pertolongan pertama pada kecelakaan, serta keperawatan keluarga seperti pemberian obat, cara mengganti seprei dan sebagainya. ‘’Partisipasi anak-anak dalam lomba itu menambah mantap mental mereka untuk mengikuti lomba-lomba berikutnya,’’ ujarnya.

2 komentar:

  1. mau tanya, kalau daftar tahun ini tpi masuk tahun dpan bisa tidak ?

    BalasHapus
  2. Pendaftaran tanggal berapa...dan sistemnya tes atau apa?

    BalasHapus

 
Exmud Online © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum