Pages

Minggu, 20 November 2011

Megah, Prosesi Ultah SMAN 5 Kota Madiun

Usung Tumpeng, Simbol Kedewasaan
MADIUN – Cara unik dilakukan keluarga besar SMAN 5 Kota Madiun menandai ulang tahunnya ke-20. Satu tumpeng raksasa setinggi satu meter diiringi pasukan khusus dengan 24 tumpeng mini biru-putih memeriahkan prosesi ulang tahu. Perayaan ini diklaim yang termegah sepanjang sejarah SMAN 5 kota.


Kepala SMAN 5 Kota Madiun Retno Susetyowati mengatakan, tumpeng adalah simbol kedewasaan. Menurutnya, sebagai lembaga pendidikan SMAN 5 teguh dan selalu optimistis menghadapi tantangan. Sebelum dipotong wali kota Bambang Irianto, tumpeng raksasa diusung empat prajurit berseragam biru-putih dan dipayungi agar tidak terpapar matahari.

Selain itu, ada dua cucuk lampah di depan tumpeng, diiringi 24 siswi berbusana khas nan menawan dilengkapi mahkota dari bulu. Di tangan para siswi itu, tumpeng kecil menghias sebagai symbol masing-masing kelas di sekolah yang berdiri pada 1991. Dengan langkah anggun diserta senyum menawan, mereka membentuk lingkaran mengelilingi tumpeng raksasa dengan iringan musik tradisional. ‘’Kreasi ini simbol kreativitas dan upaya kami menggali potensi lokal,’’ kata Retno, kemarin (19/11).

Sebelum pemotongan tumpeng, pengunjung juga disuguhi tari payung yang ditampilkan 26 penari dengan koreografi memukau. Para penari terdiri dari 21 siswi dan lima siswa dari ekskul tari itu menampilkan gerak enerjik. ‘’Tarian itu juga memiliki makna, sebuah simbol pasang surut kami menghadapi tantangan selama 20 tahun terakhir,’’ tambah Retno.

Retno yang berkolaborasi dengan salah satu rekannya, Yoyok Putra ingin menampilkan persembahan terbaik bagi sekolah. Dia berharap dengan perayaan ulang tahun yang dikemas berbeda, bisa memotivasi siswa, guru dan semua keluarga besar SMAN 5. ‘’Ke depan akan kami kemas lebih baik lagi,’’ tandasnya. (rgl/irw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Exmud Online © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum