Pages

Kamis, 21 Juli 2011

SMAN 1 Ngawi Jadi Pusat Perhatian di Karnaval Hari Jadi

NGAWI – Pernah menonton Jember Fashion Carnaval (JFC)? Nah, nuansa glamour di even yang menjadi ikon kota bagian timur Jatim itu tersaji pada karnaval memperingati Hari Jadi Ngawi ke-653 kemarin (20/7). 
 
Itu seperti diusung rombongan SMAN 1 Ngawi. Tampak gadis-gadis cantik siswa sekolah tampil dengan dandanan memikat. Mereka mengenakan busana dan mahkota dengan aksesoris artistik yang menjuntai. 

Tak pelak mereka menjadi pusat perhatian ribuan warga yang mamadati kawasan Alun-alun Merdeka dan jalur-jalur yang dilalui iring-iringan. Yakni, Jalan Yos Sudarso-Kartini-Trunojoyo- Ronggowarsito-Wahidin- Diponegoro-Sultan Agung. ‘’Memang untuk karnaval ini, kami ingin tampil beda,’’ terang Wakasek SMAN 1 Joko Trihono.

Tak tanggung-tanggung, pada karnaval kali ini SMAN 1 mengerahkan 230 siswa yang terbagi dalam beberapa kategori. Salah satunya, penari yang terdiri 100 pelajar. Sambil berjalan di kerumunan massa, mereka memeragakan tarian tradisonal dengan lemah gemulai. ‘’Sudah ada latihan khusus. Persiapannya sejak sebulan lalu,’’ katanya.

Meski sempat diguyur hujan, warga enggan beranjak hingga karnaval usai. Sebagian memilih berteduh di emperan toko dan pohon sepanjang trotoar. Pun para peserta, tetap bersemangat menyusuri jalur-jalur yang ditentukan. ‘’Wah, apik tenan. Apalagi, kegiatan seperti ini cuma setahun sekali. Makanya, saya bela-belain tetap menonton,’’ ungkap Yayuk Lestari, salah seorang warga, sambil mengendong anaknya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Ngawi Eko Purnomo mengatakan bahwa karnaval memeriahkan Hari Jadi dan HUT Kemerdekaan RI ini diikuti 84 peserta. Mereka berasal dari sekolah, kedinasan, dan umum. Sedangkan tema yang diangkat kali ini tentang seni  pewayangan dan budaya tradisional. ‘’ Sebab, wayang merupakan warisan budaya adiluhung yang harus dilestarikan. Wayang juga membawa pesan moral dan cermin kehidupan,’’ tegasnya.

Tambah dia, hari ini (21/7) giliran digelar karnaval pembangunan. Rute yang bakal dilewati sama dengan jalur karnaval kemarin. ‘’Besok (hari ini, Red) pasti meriah juga,’’ ujarnya. (dip/isd)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Exmud Online © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum